Kamis, 13 Juni 2013

Tangkis Mabuk Laut dengan 5 Cara Ini

Jakarta - Saat liburan ke pulau-pulau, jalur laut mau tak mau dilewati. Bagi yang tidak terbiasa, bisa saja terkena mabuk laut. Berikut 5 cara mencegahnya!

Tidak hanya meminum obat anti mabuk perjalanan, masih ada cara-cara lain untuk melawan mabuk laut. Disusun dari Smarter Travel, Kamis (23/5/2013), inilah 5 cara menghindari mabuk laut:

1. Nyamankan diri

Terlalu lama terkena matahari langsung, tidak mendapat asupan oksigen yang cukup bisa membuat Anda lebih mudah mabuk laut. Maka dari itu, hindari kontak dengan matahari langsung saat di perahu, dan jangan sampai terlalu gerah.

Juga, jangan berada di tempat yang terlalu sempit dan tertutup. Lebih baik mencari tempat berangin cukup, terbuka, namun tidak langsung terkena sinar mentari.

2. Menatap langit

Saat mual karena terlalu lama melihat laut yang bergelombang, jangan menyerah dan muntah. Ganti pandangan Anda. Alih-alih melihat laut, lihat saja langit nan biru. Pemandangan yang tenang dan tak bergerak membantu Anda merasa lebih seimbang.

3. Pilih posisi di perahu

Ada yang bilang, duduk di belakang perahu bisa membuat Anda tidak terlalu merasa mual. Karena di sana lebih sedikit getarannya dibanding di bagian lain di perahu. Namun berdasar informasi dari situs Cruise Critic, tempat paling baik di perahu adalah di tengah. Karena di sanalah titik paling seimbang di perahu.

4. Konsumsi makanan yang tepat

Saat mual, makanan atau minuman yang paling pas untuk mengurangi rasa mual adalah yang menyegarkan seperti jahe atau mint. Anda bisa mengkonsumsi permen yang mengandung jahe atau mint. Usahakan jangan yang terlalu manis sehingga rasa aslinya masih terasa kuat.

5. Hindari bau yang terlalu menyengat

Jika kebetulan Anda berada di sebelah orang yang bau parfumnya terlalu menyengat, segera pindah jika tak ingin mudah mual. Karena mabuk laut tidak hanya karena pemandangan dan perahu yang selalu bergoyang, tapi juga didukung oleh gangguan lain. Jadi, duduklah di tempat yang aman dari bau menyengat.

sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar