Kamis, 13 Juni 2013

9 Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Kemping

Jakarta - Kemping adalah cara yang banyak dipilih traveler jika ingin merasakan liburan yang berbeda sambil menikmati alam bebas. Jika Anda tertarik, pelajari 9 hal berikut agar kemping berjalan seru.

Dihimpun detikTravel, Kamis (23/5/2013) inilah 9 hal yang harus Anda tahu sebelum kemping:

1. Cari tahu lokasi wisata

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan kemping adalah mencari tahu lokasi. Pastikan tempat liburan Anda memungkinkan untuk kemping. Mulai dari lahan untuk kemping, keamanan, hingga temperatur sekitar harus dicari tahu.

Jika dirasa tidak memungkinkan, sebaiknya batalkan rencana kemping. Anda tentu tidak mau kedinginan karena nekat kemping di tempat bersuhu sangat rendah bukan?

2. Baca aturan di lokasi kemping

Setelah tahu lokasi kemping, segera cari tahu aturan menginap di sana. Cari tahu juga apakah Anda harus membayar jika ingin menginap di sana. Ini karena ada beberapa lokasi yang mengharuskan wisatawan membayar biaya masuk.

3. Sesuaikan peralatan kemping

Setelah mengetahui tempat kemping, bawalah peralatan yang diperlukan. Sesuaikan juga dengan lokasi kemping. Jika udara sekitar berhawa dingin, jangan lupa untuk membawa jaket dan sleeping bag. Ini untuk menghindari kedinginan di dalam tenda.

Kemudian, jika tanah untuk di lokasi cukup keras, bawa matras tipis sebagai alas. Ini berfungsi agar tubuh Anda tidak terlalu sakit ketika tidur.

4. Siapkan tenda terbaik

Ini dia hal penting lain yang harus diperhatikan, yaitu siapkan tenda dengan baik. Kemping identik dengan menginap di tenda. Jadi jangan sembarang dalam memilih tenda. Pastikan tenda yang Anda gunakan kokoh dan tidak bolong.

5. Gunakan flysheet

Flysheet adalah kain yang digunakan untuk menutup bagian atas tenda. Ini digunakan untuk mencegah air hujan langsung jatuh ke tenda.

"Flysheet dipakai di atas tenda, jadi kalau hujan nggak kena langsung. Air hujan jadi nggak gampang rembes. Penting juga siapin flysheet," kata salah seorang traveler, Bayu yang senang kemping dalam obrolan dengan detikTravel.

Ada beberapa macam jenis flysheet yang bisa digunakan. Salah satu yang bagus adalah bahan nilon. Flysheet nilon termasuk yang anti air, jadi bisa mencegah air masuk ke tenda.

6. Sharing barang dengan teman

Ketika kemping, usahakan hanya membawa satu tas. Membawa lebih dari satu tas hanya bisa membuat Anda kerepotan. Untuk itu bawalah barang seperlunya. Jika perlu, silakan berbagi jenis barang bawaan dengan teman seperjalanan.

7. Kumpulkan sampah

Hal lain yang tak boleh dilupakan adalah mengumpulkan sampah. Jangan membuang sampah sembarangan. Siapkan satu kantung plastik khusus untuk tempat sampah demi menjaga kebersihan.

8. Olahraga sebelum memulai kemping

Olahraga adalah hal yang penting dilakukan traveler sebelum kemping, terutama untuk Anda yang berpindah-pindah tempat kemping.

"Kalau yang kemping biasa sih nggak perlu jogging atau olahraga, tapi yang moving camp perlu jogging supaya kuat. Soalnya kan barang yang dibawa banyak," jelas Merry salah seorang traveler yang hobi melakukan kemping.

Kemping berpindah-pindah tempat berarti Anda akan membawa tenda, matras, dan barang lain di pundak sepanjang jalan. Fisik yang kuat tentu diperlukan.

"Bawa barangkan berat tuh, jadi supaya kuat harus olahraga dulu sebelum kemping," kata Merry.

9. Jangan minum air danau

Kehabisan air bisa saja terjadi ketika Anda kemping. Biasanya, sungai dijadikan sumber air minum. Tapi sebaiknya hindari minum dari danau.

"Kalau sungai itu kan mengalir airnya, jadi lebih aman untuk perut. Tapi kalau danau, airnya nggak mengalir, tetap di situ saja, kemungkinan bakteri berkembang biak besar. Nanti bisa-bisa kena penyakit perut, seperti diare," kata Merry memberi saran.

sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar