Kamis, 13 Juni 2013

8 Cara Jadi Penumpang Pesawat yang Baik

Jakarta - Tidak semua traveler bisa jadi penumpang yang baik saat naik pesawat. Mereka bisa rusuh atau mengganggu kenyamanan orang lain. Sebelum terlambat, masih ada cara menjadi penumpang pesawat yang bermartabat.

Jika selama ini Anda menjadi penumpang menyebalkan, bukan berarti harus selamanya jadi menyebalkan. Dari Huffington Post, Rabu (22/5/2013), berikut 8 cara jadi penumpang pesawat yang baik:

1. Datang lebih awal dan tenang

Datang lebih awal, check in dengan lebih santai dan duduk di dekat gerbang keberangkatan dengan perasaan yang tenang. Anda bisa mengisi waktu dengan minum kopi atau membaca majalah. Saat gerbang keberangkatan dibuka, masuklah tanpa kuatir terlambat.

2. Buat daftar barang-barang

Jangan jadikan orang di belakang menunggu lama karena Anda sibuk mencari dokumen atau tiket yang tak tahu di mana keberadaannya. Buatlah daftar barang yang tidak bisa tertinggal seperti paspor, KTP, iPod dan lainnya. Ceklislah pada daftar saat Anda sudah memasukkan barang-barang tersebut di tas yang akan dibawa.

3. Perhatikan data di tiket

Saat memesan tiket, perhatikan benar-benar nama dan data diri lainnya. Jika nama Anda cukup sulit, cek kembali dua atau tiga kali agar tidak terjadi kesalahan. Usahakan melakukan hal itu agar tidak perlu memperbaiki tiket yang tentu akan lebih repot. Apalagi jika Anda tidak sadar kesalahan nama dan bermasalah di meja check in.

4. Jaga tangan

Saat di pesawat, pasti gemas dengan pramugari atau pramugara yang tidak mendengar panggilan Anda. Atau, saat melihat kabin di atas kepala Anda penuh, ingin rasanya mendorong tas dan menempatkan milik Anda di sana. Jagalah tangan agar tidak bertindak yang menyebalkan. Sabar menunggu pramugari sampai menengok ke arah Anda atau memilih menaruh tas di tempat kosong lainnya. Perilaku yang lebih sabar membuat Anda lebih dihormati.

5. Toleransi terhadap orangtua yang membawa anak

Tidak ada yang ingin anaknya membuat ribut di pesawat. Setiap orangtua ingin anaknya duduk manis atau tidur nyenyak sepanjang perjalanan. Jadi percayalah, hampir semua orangtua sama stresnya dengan Anda saat menghadapi anak yang bertingkah. Daripada membuat mereka makin stres dengan tatapan kesal atau komentar pedas, ada baiknya bersabar menghadapi anak-anak.

6. Lakukan hal baik

Tak ada salahnya pindah kursi demi keluarga kelompok yang ingin duduk bersamaan. Selama Anda tidak merasa dirugikan, rasanya tak apa untuk menukar tempat duduk. Dengan melakukan hal baik, orang sekitar Anda juga akan bertindak baik kepada Anda. Jadi jangan ragu untuk melakukan hal-hal positif.

7. Biarkan teman sebelah Anda tidur

Saat para pramugari membagikan minuman atau makanan, bukan hak atau kewajiban Anda membangunkan teman yang sedang tertidur. Biarkan orang lain dengan tidur dengan tenang. Biasanya, pramugari akan membuka meja lipat untuk menaruh makanan atau minuman di sana.

8. Tunggu giliran

Jangan langsung berdiri begitu roda pesawat menyentuh daratan. Selama tanda pasang sabuk pengaman masih menyala, usahakan untuk tetap duduk dengan tenang. Berdiri saat belum disuruh hanya membuat Anda terlihat kampungan. Tunggu dengan sabar dan berdiri saat pesawat benar-benar berhenti.

sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar