Kamis, 13 Juni 2013

Perhatikan 7 Aturan Ini Sebelum Berwisata ke Vihara Buddha

Jakarta - Bagi traveler pecinta budaya, vihara adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Namun, sebelum datang ke tempat itu, ada 7 hal penting yang harus Anda perhatikan.

Sebagai tempat ibadah, vihara ternyata tak hanya dikunjungi umat Buddha. Selain itu, tempat ini juga menarik bagi orang lain, khususnya traveler karena budaya yang tersimpan di sana.

Tapi, tahukah Anda kalau ada aturan-aturan yang penting diperhatikan sebelum datang ke vihara? Dikumpulkan detikTravel, Selasa (28/5/2013) inilah 7 hal yang penting diperhatikan sebelum datang ke vihara:

1. Lepas sepatu dan topi

Vihara adalah tempat umat Buddha beribadah. Untuk itu Anda wajib menjaga kebersihan, khususnya di lokasi sembahyang. Begitu memasuki daerah sembahyang, segera lepas sepatu Anda tanpa diminta.

Selain itu, jangan lupa untuk membuka topi. Lagi-lagi ini untuk menunjukkan kehormatan Anda kepada umat Buddha. Orang yang masuk ke tempat ibadah dengan menggunakan topi memiliki kesan sombong. Anda tentu tak ingin dicap sombong karena tidak melepas topi, bukan?

2. Kenakan pakaian sopan

Begitu memilih untuk datang ke tempat ibadah, berarti Anda harus siap mengenakan pakaian sopan. Pakaian yang sekiranya memperlihatkan pundak dan pahan sebaiknya jangan dikenakan. Ini sebagai wujud penghormatan Anda kepada tempat ibadah.

3. Matikan ponsel

Agar tidak mengganggu ibadah umat di dalam vihara, sebaiknya matikan ponsel. Bayangkan betapa sebalnya umat yang sedang khusyuk ibadah, namun tiba-tiba konsentrasinya hilang karena bunyi ponsel.

4. Jangan sentuh patung Buddha

Ini dia hal penting lain yang harus diperhatikan, jangan sekali-kali menyentuh patung Buddha apalagi tanpa izin. Jika penasaran dan ingin menyentuh patung Buddha, Anda harus meminta izin terlebih dahulu ke pengurus vihara atau biksu yang ada.

5. Bertanya sebelum mengambil foto

Sebagai kenang-kenangan, pasti banyak traveler yang ingin memotret vihara. Entah bagian luar, bagian dalam, atau pun umat yang sedang ibadah selalu menarik untuk dipotret.

Namun, sebelum mengarahkan lensa kamera ke objek, tanya dulu apakah boleh berfoto. Lagi-lagi ini sebagai wujud penghormatan kita kepada rumah ibadah dan umat yang sedang sembahyang.

6. Jangan makan di dalam vihara

Untuk menjaga kebersihan, jangan makan selama berada di vihara. Makanlah sebelum atau setelah selesai berkunjung ke vihara. Jangan sampai kedatangan Anda malah membuat vihara menjadi kotor.

7. Tanya aturan sebelum berfoto dengan patung Buddha

Patung Buddha yang indah membuat banyak wisatawan ingin berfoto dengannya. Eits, jangan langsung berfoto, tapi tanya dulu apakah ada larangan dan aturan tertentu.

Beberapa vihara biasanya memperbolehkan selama berpose dengan sopan. Tapi di Sri Lanka, aturan memfoto patung Buddha di vihara sangat ketat. Wisatawan tidak boleh berfoto memunggungi Buddha karena dianggap tidak sopan.

sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar