Kamis, 13 Juni 2013

5 Trik Ampuh Agar Anak Bisa Tidur Saat Traveling Jauh

Anak-anak tidur di pesawat (Dok Thinkstock)

Jakarta - Bisa membuat anak tertidur saat melakukan perjalanan jauh tentu jadi tantangan tersendiri. Tapi tak perlu bingung, ikuti 5 tips ini agar anak bisa terlelap ketika perjalanan, dan segar bugar begitu tiba di tempat tujuan.

Traveling bersama anak memang jadi tantang bagi para orang tua. Anak yang kelewat semangat dalam perjalanan seringkali tak tidur. Padahal, tidur adalah hal yang penting bagi mereka terutama jika perjalanan yang dilalui cukup jauh.

Dengan tidur, buah hati Anda bisa beristirahat dan mengurangi rasa lelah. Jalan-jalan pun semakin menyenangkan karena begitu tiba di destinasi fisik mereka sudah kembali segar.

Ada beberapa anak yang memang mudah tidur dalam perjalanan, tapi bagaimana yang susah tidur? Harus ada trik ampuh agar buah hati mau memejamkan mata.

Dilongok dari Traveler Tips, Senin (9/6/2013) inilah 5 trik agar anak Anda bisa tidur nyenyak dalam perjalanan:

1. Bawa mainan teman tidur anak

Jika anak Anda memiliki mainan khusus sebagai teman tidur, seperti boneka, bawalah saat liburan. Mainan ini akan membantu sang anak lebih cepat terlelap.

2. Buatlah cerita dari apa yang dilihat

Mendongeng biasanya jadi salah satu cara ampuh untuk membuat anak tidur. Namun, membawa buku bacaan tentu merepotkan. Anda bisa berimajinasi, dan mulai mengarang cerita melalui apa yang terlihat.

3. Siapkan susu hangat dan biskuit

Karbohidrat bisa membuat anak dewasa dan anak-anak cepat terlelap. Jika nasi dirasa terlalu berat, Anda bisa mengakali dengan memberikan susu hangat dan snack untuk disantap anak.

4. Berangkat pada malam hari

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengakali sang anak terlelap adalah dengan berangkat pada malam hari. Anda bisa memilih waktu setelah makan malam untuk memulai perjalanan. Perut kenyang dan waktu tidur yang telah datang biasanya mereka akan tiba-tiba terlelap dengan sendirinya.

5. Pasang lagu pengantar tidur

Agar anak bisa mudah tidur, Anda bisa memancingnya dengan memutar lagu pelan dari alat pemutar musik yang Anda bawa. Lagu-lagu pelan atau lagu pengantar tidur biasanya sangat cepat membuat mereka cepat tidur.

Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar