Kamis, 13 Juni 2013

Perhatikan 6 Hal Ini Jika Liburan ke Taman Nasional

Jakarta - Taman nasional kini jadi salah satu pilihan traveler untuk mengisi liburan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum pergi ke sana.

Taman nasional adalah salah satu tempat yang digunakan untuk konservasi. Meski begitu, ada beberapa bagian yang bisa dikunjungi wisatawan, khususnya traveler pecinta alam.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Halimun Salak, atau Bantimurung Bulusaraung adalah contoh taman nasional yang sering dikunjungi wisatawan. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba liburan ke tempat ini sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

Dikumpulkan detikTravel, Rabu (12/6/2013) inilah 6 hal yang harus Anda perhatikan jika ingin traveling ke Taman Nasional:

1. Lengkapi berkas perizinan

Ada beberapa daerah di taman nasional yang memang sengaja dibuka untuk umum. Jika datang ke daerah ini, Anda bisa masuk dengan mudah, yakni cukup dengan membayar tiket masuk.

Namun hal ini tidak berlaku di beberapa kawasan. Ada beberapa tempat di taman nasional yang mengharuskan Anda membuat surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) sebelum masuk. Untuk itu, cari tahu berkas apa saja yang perlu dipersiapkan agar perizinan lancar.

2. Jangan buang sampah sembarangan

Karena berada di kawasan konservasi, seorang traveler harus menjaga kebersihan taman nasional. Jangan buang sampah sembarangan. Untuk itu siapkan satu kantung plastik khusus untuk membuang sampah. Ini penting untuk berjaga-jaga agar Anda tidak bingung jika tidak menemukan tempat sampah.

3. Dirikan tenda di tempat seharusnya

Untuk Anda dan teman-teman yang akan mendirikan tenda, sebaiknya dirikanlah di tempat yang telah ditentukan pengurus taman nasional. Biasanya, mereka memiliki kawasan khusus yang sengaja disediakan untuk mendirikan tenda. Jangan sekali-kali mendirikan tenda di tempat sembarangan, ini berkaitan dengan keselamatan. Anda tentu tak mau tiba-tiba ada hewan liar datang ke kemah karena sembarangan mendirikan tenda, bukan?

4. Berjalanlah sesuai trek yang ada

Untuk traveler yang ingin trekking di dalam taman nasional, pastikan telah tahu jalur yang harus dilalui. Berjalanlah di trek yang telah disediakan. Jangan sekali-kali membuka jalur baru karena bisa membuat Anda tersesat.

5. Jika perlu, minta bantuan ranger

Ranger atau polisi hutan biasa disediakan pengurus taman nasional untuk membantu traveler. Jika bantuan mereka terasa dibutuhkan dan bisa membuat Anda lebih aman, jangan segan-segan untuk meminta bantuan mereka.

Selain memberi petunjuk jalan, ranger sangat membantu perihal informasi taman nasional. Tanpa ragu mereka bisa memberi tahu jenis hewan, tumbuhan serta atraksi menarik yang ada di taman nasional.

6. Tetap jaga kelestarian alam

Hal terpenting yang harus traveler perhatikan saat datang ke taman nasional adalah tetap menjaga kelestarian alam. Jangan sembarangan mencabut rumput atau tanaman. Jangan pula menganggu hewan yang ada di sana. Biarkan mereka hidup dengan tenang.

Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar